Mozaik Islam

Puasa Ramadhan, Fiqih Shalat, Rahasia Sunnah, Zakat Fitrah, Haji dan Umrah

Imsak

Assalammu’alaikum,

Tahun ini saya puasa di Amerika utk pertama kalinya. Saya agak bingung karena setelah meminta jadwal puasa di Masjid, tdk ada jadwal Imsak.

Ketika saya tanya utk jadwal Imsak, staff yg ada di Masjid malah nanya balik ke saya utk apa jadwal Imsak. Saya lalu menjelaskan supaya ada jarak antara berhenti sahur & Shubuh.

Tapi terus, saya malah diberitahu kalau hanya utk jarak antara berhenti sahur & shubuh, tdk perlu jadwal Imsak, tapi bisa juga dikira-dikira 10 menit sebelum Shubuh. Logis sih, tapi terus kenapa selama ini ada jadwal Imsak di Indonesia? Apa jadwal Imsak itu sangat penting ?

Wassalammu’alaikum

Jawaban

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Istilah ‘imsak’ yg sangat populer di negeri kita sebenarnya merupakan istilah yg agak salah kaprah. Sebab makna imsak adl puasa, bukan ‘bersiap-siap utk puasa 10 menit lagi’.

Bersiap-siap utk berpuasa itu tdk penting-penting amat, setidaknya buat sebagian orang. Dan penting utk diketahui bahwa waktu ‘imsak’ bukan tanda masuknya waktu mulai utk puasa. Seandainya bila sedang makan sahur lalu tiba-tiba masuk waktu shalat shubuh, tinggal dimuntahkan saja.

Justru hal ini yg perlu diluruskan, bahwa saat dimulai puasa itu bukan sejak masuknya waktu ‘imsak’, melainkan sejak masuknya waktu shubuh. Ini penting agar jangan sampai nanti ada orang yg salah dalam memahami. Dan merupakan tugas kita utk menjelaskan hal-hal kecil ini kpd masyarakat.

Kalau anda bertanya kenapa ada jadwal imsak di Indonesia, ini memang pertanyaan menarik. Indonesia punya karakter unik yg terkadang tdk dimiliki oleh negara dimana Islam itu berasal. Salah satunya imsak ini.

Bahkan sampai ada istilah jadwal imsakiyah. Padahal maksudnya adl jadwal waktu-waktu shalat. Karena kebetulan dicantumkan juga waktu ‘imsak’ yg kira-kira 10 menit sebelum shubuh itu, akhirnya namanya jdi seperti itu.

Padahal waktu 10 menit itu pun juga hanya kira-kira, sbg terjemahan bebas dari kata sejenak. Memang asyik kalau ditelusuri, kenapa 10 menit, kenapa tdk 5 menit atau 15 menit? Pasti tdk ada yg bisa menjawab.Dan itu khas Indonesia yg tdk dimiliki oleh bangsa lain. Mudah menjiplak sesuatu yg dia sendiri tdk pernah tahu asal muasalnya. Pokoknya itu yg masyhur di masyarakat, itu pula yg kemudian dijalankan. Urusan dasar pensyariatan & asal usulnya, urusan belakang.

Halal bi Halal Salah satu istilah yg ‘super aneh’ di telinga dunia Islam tapi sangat akrab di telinga kita adl istilah halal bi halal. Semua orang arab yg datang ke Indonesia pasti dahinya berkerut sepuluh lipatan kalau mendengar istilah ini.

Istilah itu tdk pernah tercantum kamus arab mana pun yg pernah ditulis di muka bumi ini.

Entah siapa yg pertama kali memperkenalkan istilah ini. Tapi tdk ada satu pun hadits atau bahkan kitab yg menjelaskan hal ini. Ini khas Indonesia, sangat Indonesia sekali…

Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Penulis: Ahmad Sarwat, Lc