Mozaik Islam

Puasa Ramadhan, Fiqih Shalat, Rahasia Sunnah, Zakat Fitrah, Haji dan Umrah

Melihat Hilal Tetapi Tidak Dapat Menyampaikannya Kepada Pemerintah

Jika seseorang yakin akan masuknya Ramadhan setelah melihat hilal tetapi tdk dpt menyampaikannya kpd pemerintah, apakah wajib baginya berpuasa?

Jawaban

Ulama berbeda pendapat dalam hal ini. Di antara mereka ada yg mengharuskannya puasa, sebagian lagi ada yg mengatakan tdk mengharuskannya. Berdasarkan pd apakah hilal itu dikatakan hilal jika sudah nampak & tersebar beritanya di antara manusia, atau hilal itu cukup apa yg terlihat setelah matahari tenggelam, sama saja apakah tersebar di tengah masyarakat atau tidak.

Yang kuat menurut saya, siapa yg melihatnya dgn yakin & berada di tempat terpencil, di mana tdk ada seorang pun turut serta melihat atau memperhatikan, maka dia harus berpuasa sebagaimana keumuman firman Allah -ta’âla-:

“…Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pd bulan itu…” (Al Qur’an Surat: Al-Baqarah: 185)

Dan sabda Nabi -shalallahu alaihi wasallam- :

إِذَا رَأَيْتُمُوهُ فَصُومُوا

“Jika kalian melihat hilal awal Ramadhan maka berpuasalah..”

Tetapi jika dia tinggal di tengah masyarakatnya & mempersaksikannya kpd pemerintah tetapi ditolak, dalam hal ini dia berpuasa secara diam-diam agar tdk nampak menyelisihi orang byk .