Mozaik Islam

Puasa Ramadhan, Fiqih Shalat, Rahasia Sunnah, Zakat Fitrah, Haji dan Umrah

Sejarah Perkembangan Islam di Dunia

Islam di Kamboja

Menurut Po Dharma, ada 150.000 hingga 200.000 Muslim di Kamboja sbg sbgakhir 1975. Penganiayaan di bawah Khmer Merah mengakibatkan jumlah mereka terkikis, bagaimanapun, & pd akhir 1980-an mereka mungkin tdk mendapatkan kembali kekuatan mereka sebelumnya. Pada tahun 2009, Pew Research Center memperkirakan bahwa 1,6% dari populasi, atau 236.000 orang Muslim.

Islam di Afrika Selatan

Islam di Afrika Selatan mungkin tiba sebelum zaman kolonial, & terdiri dari perhubungan terpencil dgn pedagang Arab & Afrika Timur. Banyak orang Muslim Afrika Selatan dijelaskan sbg orang Coloured, utamanya di Tanjung Barat, termasuk yg nenek moyang datang sbg budak dari Kepulauan Indonesia (Melayu Tanjung). Yang lainnya dijelaskan sbg orang India, terutamanya di Kwazulu-Natal, termasuk mereka yg nenek moyangnya datang sbg pedagang & pegawai dari Asia Selatan; mereka telah bergabung oleh orang lain dari bagian lain Afrika serta mengkonversi Afrika Selatan yg berkulit putih atau hitam. Namun, tradisi Muslim saat ini di negara tersebut berasal dari kedatangan Syeikh Abdurahman Matebe Shah, seorang syekh Melayu dari Sumatra, pd tahun 1668.

Islam di Aljazair

Islam, agama hampir semua orang Aljazair, melingkupi sebagian besar aspek kehidupan. Islam menyediakan masyarakat dgn identitas pusat sosial & budaya, serta memberikan sebagian besar individu orientasi etis & sikap dasar.

Islam di Mongolia

Islam di Mongolia terutama dianut oleh etnis Kazakhstan dari Bayan-Ölgii (88,7% dari populasi total aimag) & Khovd (11,5% dari populasi total aimag, hidup terutama di kota Khovd, jumlah Khovd & jumlah Buyant) aimag di Mongolia barat. Selain itu, sejumlah komunitas Kazakh kecil dpt ditemukan di berbagai kota & daerah tersebar di seluruh negeri. Namun secara historis, mayoritas elit Mongol selama Kekaisaran Mongol umumnya menyukai Islam atas agama lain sbg 3 dari 4 khanat utama mengadopsi Islam.

Islam di Denmark

Penduduk Islam di Denmark adl agama minoriti terbesar di Denmark. Kebanyakan penduduk Denmark menganut agama Kristen terdiri dari kira-kira 2% – 5% dari jumlah penduduk Denmark adl Muslim. Islam risten, dgn Protestan membentuk sebanyak 92% dari orang Denmark & Gereja Evangelical Lutheran merupakan gereja nasional. Pada 2005, 83.5% dari penduduk negara ini adl anggota Folkekirken , gereja Kristen nasional.

Islam di Kuba

Statistik terbaru utk Islam di Kuba mengklaim penduduk sekitar 3.000 Muslim mewakili 0,03 persen dari jumlah penduduk. Di luar klaim sumber nomor ini dpt serendah 300 atau setinggi 7.000 walaupun jumlah sebenarnya tdk diketahui karena sikap pemerintah Kuba sekuler terhadap agama.

Ada byk siswa Muslim yg telah datang ke sini utk keperluan studi tentang pergi kira-kira 1500-2000 siswa mereka (Pakistan, Sahara, Palestina & lain-lain), penduduk yg dominan adl siswa Pakistan yg sekitar 900 kekuatan. Pada tahun 2001, Syekh Muhammad bin Nassir Al-Aboudy, Asisten Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) melakukan perjalanan ke Kuba utk mendapatkan izin dari pemerintah Kuba utk mendirikan organisasi Islam yg akan mendukung komunitas Muslim Kuba. Di antara tujuan-tujuan lain dari organisasi diusulkan akan membangun masjid & penyebaran budaya Islam di kalangan umat Islam.

Islam di Liechtenstein

Menurut Pejabat Negara Amerika Serikat, terdapat 1.384 penduduk Muslim yg hidup di Liechtenstein, yaitu sekitar 4% dari populasi umum. Pada 2004, pemerintah membentuk kelompok kerja utk integrasi yg lbh baik dari para anggota komunitas Muslim ke dalam masyarakat. Dalam kerjasama dgn perpustakaan nasional, kelompok kerja telah diakses oleh publik pilihan buku-buku dalam bahasa Turki serta buku-buku tentang Islam. Pada kelompok kerja usulan pemerintah membuat kontribusi US $ 20.000 (25.000 franc Swiss) kpd komunitas Muslim di tahun 2006.

Sejak tahun 2001, pemerintah telah memberikan sesuatu komunitas Muslim izin tinggal utk satu imam, plus satu jangka pendek surat izin tinggal utk imam tambahan selama bulan Ramadan. Pemerintah mengikuti kebijakan pemberian visa secara rutin utk para imam sbg imbalan atas persetujuan kedua Turkish Association & komunitas Islam utk mencegah diatribes agama oleh para imam atau penyebaran ekstremisme agama.

Islam di Perancis

Islam adl satu dari beragam agama di Perancis. Meskipun sejak dahulu Muslim sudah ada di Perancis, baik Perancis daratan maupun wilayah kependudukannya di luar Eropa, imigrasi massal Muslim ke Perancis di abad 20 & 21 telah membuat negara ini menjadi salah satu negara dgn komunitas muslim terbesar di Eropa. Pertumbuhan Islam di Perancis juga didorong oleh penduduk pribumi yg berpindah agama ke Islam, namun umat islam di prancis tdk boleh memakai kerudung sesuai undang-undang yg dikeluarkan pemerintahnya.

Banyak versi mengenai jumlah Muslim di Perancis. Menurut Departemen Negara Amerika, pd 2006 terdapat sekitar 10% Muslim di Perancis, dimana jajak pendapat yg diadakan setahun setelahnya menunjukkan 3% dari jumlah menduduk nasional. Buku yg diterbitkan oleh Badan Intelijen Pusat Amerika (CIA), CIA World Factbook, menyatakan ada sekitar 5-10% populasi Muslim di Perancis. Pada tahun 2000, Kementerian Dalam Negeri Perancis memperkirakan ada 4,1 juta orang yg dilahirkan dalam keluarga Islam, & sekitar 40.000 orang yg beralih agama. Ada juga yg memperkirakan jumlah Muslim di Perancis 7 juta jiwa pd tahun 2009.

Islam di Georgia

Islam di Georgia diperkenalkan pd tahun 645 Masehi ketika tentara yg dikirim oleh Khalifah kedua Islam, Umar, menaklukkan Georgia Timur & mendirikan negara Islam di Tbilisi. Jumlah penganut Islam di Georgia tercatat 463.062 jiwa atau 9,9%, dari keseluruhan jumlah penduduk Georgia. Ada 2 kelompok besar Muslim di Georgia. Etnis Muslim Sunni Hanafi Georgia & terkonsentrasi di Republik Otonomi Adjara Georgia berbatasan dgn Turki. Sedangkan di Azerbaijan yg sebagian besar adl etnis Muslim Syiah ashariyah Ithna ‘dan terkonsentrasi di sepanjang perbatasan dgn Azerbaijan & Armenia.

from wikipedia.com